Aturan Pada Iklan Facebook Yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak Ditolak! Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat pasang Iklan di Facebook Ads Marketing

Aturan-Aturan Pada Iklan Facebook Yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak Ditolak! Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Menggunakan Facebook Ads

Aturan-Aturan pada Iklan Facebook yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak Ditolak

Iklan Facebook memang menjadi salah satu cara yang sering digunakan para pebisnis, khususnya bisnis online, untuk mempromosikan produknya.

Sebagai tempat promosi, tentu saja ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh pihak Facebook untuk menjamin kualitas iklan yang ditampilkan pada media ini. Tidak hanya aturan untuk penyertaan gambar, namun juga teks yang ada dalam gambar tersebut. Pengiklan yang tidak memenuhi aturan tersebut, sudah pasti akan ditolak permintaan iklannya.

Baca Juga: Tutorial Memulai Bisnis Online Bagi Pemula





Oleh karena itu, sebelum Anda ikut andil memasang iklan di Facebook, pahami aturan-aturan tersebut. Mau tahu apa saja aturan-aturan tersebut? Simak uraian berikut hingga tuntas.

# Aturan Penyertaan Gambar

Iklan produk tentu tidak afdhol jika tidak disertai gambar. Bahkan, bisa dibilang, gambar merupakan hal paling penting dalam bisnis online, mengingat transaksi yang terjadi tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung. Dengan demikian, penyertaan gambar menjadi jembatan agar konsumen mengetahui lebih detail tentang produk yang akan dibelinya. Nah, untuk menjamin kualitas sekaligus kenyamanan konsumen dalam melihat gambar yang dipajang tersebut, berikut ini beberapa aturan yang ditetapkan managemen Facebook bagi pebisnis:

  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung unsur sara, politik, atau hal sensitif lainnya.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung hal yang membuat orang ngeri, takut, mengejutkan, atau hal lain yang dapat meninggalkan trauma tersendiri bagi pembacanya.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh menunjukkan seksualitas seseorang, seperti gambar yang mengarah pada telanjang, menunjukkan belahan dada atau bagian tubuh sensitif lainnya, serta menonjolkan kulit secara berlebihan.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh menggunakan gambar milik Facebook, seperti logo, icon, maupun notifikasi, kecuali sudah mendapat ijin.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung kode QR.
  • Gambar yang diperuntukkan usia di bawah 18 tahun harus disesuaikan dengan usia tersebut.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung sesuatu yang tidak berfungsi, seperti tombol menjadi tidak bisa diklik, gambar video, dan sebagainya.

# Aturan Teks dalam Gambar

Tidak hanya gambar, tulisan yang terdapat dalam gambar pun diberikan aturan tersendiri. Hal ini untuk menjamin kenyamanan konsumen saat membacanya. Berikut ini beberapa aturan yang diberikan Facebook terkait teks dalam gambar:

  • Gambar tidak boleh mengandung informasi tentang harga atau sistem pembayaran, misal “Diskon 50%” atau “Kunjungi herbalalami.com”.
  • Gambar tidak boleh menyertakan informasi tentang kontak person, baik alamat website, nomor telepon, email, dan sebagainya.
  • Gambar tidak boleh mengandung ajakan, misal “Download di Sini”, “Share”, dan sebagainya.
  • Gambar tidak boleh mengandung ajakan untuk segera melakukan apa yang diinginkan pengiklan, misal “Beli Sekarang Juga” atau “Download Now, dan sebagainya.

Untuk masalah gambar ini, memang sedikit rumit. Akan lebih aman jika gambar yang Anda gunakan tidak mengandung teks. Dengan begitu, aturan teks ini tidak berlaku dan tidak akan menjadi penghalang promosi Anda. Hanya sebagai tips saja, jika memang Anda ingin beriklan menggunakan gambar, gunakan gambar yang tajam dan orisinil daripada gambar hasil editan atau gambar full teks. Gambar yang orisinal dan tajam justru akan memberikan rasa emosional yang tinggi bagi pembacanya.

Nah, sebagai seorang pebisnis, Anda tentu tidak ingin iklan yang sudah Anda siapkan jauh-jauh hari ditolak oleh Facebook, bukan? Oleh karena itu, agar iklan Anda lolos seperti di jalan tol, patuhi semua aturan iklan Facebook di atas.

Baca Juga: Artikel dan Tips Cara Optimasi Facebook Ads Marketing




Faktor-Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Kampanye Iklan Facebook

Berikut ini faktor-faktor yang perlu anda perhatikan dalam kampanye iklan facebook, agar iklan anda mencapai hasil maksimal :

  1. Tujuan Iklan

Pertama-tama tujuan anda membuat iklan harus jelas. Karena terkait dengan strategi yang akan digunakan. Apakah anda beriklan untuk meningkatkan jumlah ‘like’ di fanpage anda? Ataukah ada hanya ingin mengarahkan pengguna lainnya untuk mampir ke landing page anda? Ataukah anda ingin mengarahkan ke sales page affiliasi anda?

  1. Target Traffic

Siapa saja yang menjadi target anda? Buatlah secara spesifik. Inilah keuntungan beriklan di facebook, anda bisa menjabarkan secara detail target iklan anda. Mulai dari lokasi, tingkat pendidikan, gender, rentang usia, ketertarikan dalam bidang, dll. Traffic tertarget dengan jelas.

  1. Desain Iklan

Desain iklan anda haruslah menarik. Pilihlah judul yang menarik minat pengguna lainnya untuk mengklik, selanjutnya deskripsikan yang anda tawarkan secara singkat dan jelas, URL tujuan harus jelas dan terarah, gambar haruslah sesuai dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

  1. Budget dan Penawaran Iklan

Aturlah budget iklan anda. Anda bisa mulai bereksperimen dengan iklan di facebook. Anda bisa mengontrol budget iklan anda dengan menetapkan jumlah maksimal dalam satu hari (misal $30 per hari) atau menentukan budget dalam jangka waktu terbatas (misal $300 per 30 hari). Setelah bereksperimen anda akan tahu mana yang terbaik untuk pemasangan iklan anda.Dalam memasang iklan anda dihadapkan pada pilihan Cost Per Click (CPC) /bayar per klik atau Cost Per Thousand Impressions (CPM) / bayar per 1000 tampilan. CPC lebih efektif, jika tujuan iklan anda untuk penjualan. CPC biasa digunakan pada bagian sebelah kanan beranda / marketplace facebook ads. CPM lebih baik, jika tujuan anda hanya untuk launching atau pengenalan produk/brand. CPM berhasil jika anda optimis iklan anda banyak yang mengklik. Gunakanlah CPM pada newsfeed. Iklan pada newsfeed akan lebih mahal penawarannya daripada di sebelah kanan beranda/marketplace facebook ads. Karena di newsfeed orang akan langsung melihat iklan anda. Sedangkan disebelah kanan beranda terkadang beberapa orang tidak menghiraukannya. Jangan terburu-buru menggunakan CPC atau CPM lakukan tes dengan budget minimal. Setiap iklan akan berbeda hasilnya.

  1. Jadwal Penayangan Iklan

Penayangan iklan di facebook lebih fleksibel. Anda bisa mengatur kapan jadwal penayangan iklan anda. Pada umumnya pemasang iklan memilih hari-hari kerja atau saat-saat dimana tingkat pengguna facebook yang aktif lagi tinggi-tingginya.

  1. Analisa Iklan

Facebook menyediakan rincian kerja dari iklan anda sehingga anda dengan mudah melakukan analisa. Hal ini membantu anda melihat kesalahan dan memperbaikinya. Sehingga anda berkesempatan memperbaiki kualitas iklan anda. Tampilan iklan anda dapat dihentikan tanpa penundaan jika anda ingin memperbaikinya. Dengan begitu potensi keuntungan anda dari facebook ads bisa meningkat.

 

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Menggunakan Facebook Ads

Facebook Ads merupakan salah satu media promosi yang kini sedang tren dilakukan para pebisnis, terutama online. Sebab, hanya dengan metode ini, biaya promosi dapat ditekan semaksimal mungkin. Tidak hanya itu, jangkauan konsumen yang dapat dicakup pun lebih luas. Terlebih, dari hari ke hari, pemakai Facebook semakin meningkat. Dari satu pemilik akun Facebook saja, jaringan yang terbentuk sudah pasti sangat luas. Sayangnya, tidak semua orang bisa maksimal dalam menggunakan Facebook Ads ini. Beberapa kesalahan fatal pun sering dilakukan tanpa disadari. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan tersebut? Berikut ini uraian lengkapnya.

  1. Menargetkan Orang yang Bukan Fans

Banyak orang mengira bahwa dengan jumlah Likes yang diterima akan mampu meningkatkan pendapatan dalam bisnis mereka. Tak heran jika kemudian banyak orang yang menyarankan orang lain untuk memberikan Likes pada produknya, tanpa peduli apakah orang tersebut fans dari produk itu atau tidak. Ujung-ujungnya, tidak ada peningkatan penjualan terhadap bisnis Anda meskipun Likes yang diperoleh sangat banyak. Hal ini tentu justru akan merugikan Anda sebagai pebisnis. Oleh karena itu, saat memasang iklan di Facebook, targetkan pada fans saja.

  1. Membuat Banyak Iklan Sejenis

Banyak orang mengira bahwa semakin banyak iklan yang diterbitkan untuk satu jenis produk, akan membuat produk tersebut menjadi laris manis di masyarakat. Padahal, tidak selama seperti itu. Mungkin, bisa jadi penjualan akan meningkat. Namun, biasanya lebih karena jangkauan target yang tepat sasaran. Dengan kata lain, pembuatan satu iklan dengan banyak iklan untuk satu produk hanya akan sia-sia. Bahkan, Anda rugi dengan mengeluarkan banyak biaya iklan.

  1. Jangkauan Lokasi yang Terlalu Luas

Tidak semua produk dapat efektif dipasarkan dengan jangkauan yang luas, terlebih untuk produk yang sudah banyak dijual orang. Memperluas jangkauan justru hanya akan membuat pemborosan iklan. Sementara, konversi yang akan Anda dapatkan tidak ada. Akan lebih baik jika Anda menargetkan wilayah yang lebih kecil saja, misalnya satu kota. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan untuk beriklan akan sebanding dengan konversi yang didapat.

  1. Konten Iklan Terlalu Memaksa

Konten iklan merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Tidak memperhatikan poin ini, justru akan membuat pembaca menjadi apatis dan sinis dengan iklan yang Anda buat. Sebagai contoh, iklan yang dibumbui kata-kata memaksa, seakan-akan pembaca akan rugi besar jika tidak membeli produk tersebut. Ingat, konsumen saat ini sangatlah cerdas. Mereka tidak ingin didekte dalam hal apa pun, termasuk berbelanja. Oleh karena itu, gunakan bahasa yang soft dan menarik sehingga membuat konsumen justru merasa jatuh hati pada produk Anda dengan sendirinya.

  1. Tidak Melakukan Tes Gambar

Bisnis online sangat penting penyertaan gambar. Semakin bagus kualitas gambar yang Anda tampilkan, semakin menarik pembaca untuk membelinya. Nah, untuk mendapatkan gambar terbaik itulah, Anda perlu untuk membuat beberapa gambar, kemudian memilih satu yang paling baik. Tidak hanya itu, teks yang ada di dalam gambar harus kurang dari 20% untuk menghindari suspend dari Facebook. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Tak ayal, banyak terjadi gambar yang tertampil sangat tidak nyaman dilihat.

Nah, jika Anda termasuk salah satu pengguna iklan di Facebook ini dan ingin memaksimalkan fungsi berpromosi di media ini, maka hindari beberapa kesalahan tersebut. Dengan begitu, bisnis Anda pun akan lancar berkat Facebook Ads.

 



Leave Your Reply

Your email address will not be published.

*