Tutorial Menjadi Facebook Ads Mastery dan Cara Tingkatkan CTR Facebook Ads untuk Naikkan Profit Penjualan Bisnis Online

Berungkali Coba Bejualan Menggunakan Facebook Ads Tapi Gak Sesuai Harapan? Baca Artikel ini dan Saatnya Anda Bisa Menjadi Facebook Ads Master!

Google Adwords vs Facebook Ads, Mana yang lebih Efektif?

Google Adwords atau Facebook Ads, mana yang lebih efektif? Tentu pertanyaan itu akan muncul dibenak seorang pebisnis online yang berusaha menjadikan iklan online sebagai sarana promosi bisnisnya, terutama bagi anda yang sedang merintis usaha, iklan online akan menjadi media promosi yang efektif.

Baca Juga: Tutorial Memulai Bisnis Online Bagi Pemula




Google Adwords dan Facebook Ads merupakan penyedia iklan terbesar di jagad internet dan bersaing ketat. Google dan Facebook memang membuat sebuah program iklan berbayar yang mengarahkan pengunjung/visitor untuk melihat iklan yang akan anda pasang di sana. Keduanya memiliki pangsa pasar yang luas. Google sebagai search engine/mesin pencari, menggunakan hasil pencarian sebagai media untuk menampilkan iklan. Sedangkan Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah penggunanya terbesar diseluruh dunia, bisa dijadikan sebagai tempat yang potensial untuk meletakkan iklan anda.

Keduanya sama bagusnya tapi untuk menentukan mana yang lebih efektif ada baiknya anda kenali dulu iklan seperti apa yang akan anda pasang. Garis bawahi dulu Google sebagai mesin pencari terbesar dan Facebook sebagai media social terbesar. Disinilah letak perbedaannya, jika anda mengenal dengan baik iklan yang akan anda buat baik target maupun tujuannya maka anda akan lebih mudah menentukan yang mana yang lebih efektif.

  • Jika iklan anda bertujuan untuk meningkatkan sales/penjualan maka sebaiknya menggunakan Google Adwords. Pengguna Google menggunakan mesin pencari Google karena mereka memang mencari produk/jasa yang mereka butuhkan. Jadi visitor anda benar-benar tertarget, inilah keuntungan Google Adwords.
  • Jika iklan anda bertujuan untuk meningkatkan Brand Awareness/kesadaran terhadap merek anda maka yang terbaik gunakan Facebook Ads. Facebook merupakan media sosial, sebenarnya mereka tidak benar-benar membutuhkan produk/jasa pada iklan tersebut. Tapi, dengan iklan mereka akan memperhatikan produk/jasa yang anda tawarkan sambil melihat postingan atau update status.
  • Jika iklan dari produk yang anda tawarkan berupa produk fashion maka Facebook Ads terbukti lebih efektif.
  • Jika iklan dari produk berupa waralaba, jasa konsultasi, property,dll maka pilihannya adalah Google Adwords.

Pada dasarnya baik Google Adwords maupun Facebook Ads sama-sama efektif untuk pemasangan iklan. Baik Google maupun Facebook merupakan sumber traffic yang berlimpah. Google Adwords berbasis visitor yang tertarget sedangkan Facebook Ads berbasis interest/ketertarikan pengguna. Dari segi tampilan facebook Ads lebih memungkinkan gambar lebih besar dan beragam sedangkan Google Adwords tampilan gambar kecil dan gambar hanya tampil di website yang bekerja sama dengan Adsense.

Baik Facebook maupun Google menyediakan pengelolaan iklan yang bisa anda atur sendiri. Besaran budget yang anda keluarkan bisa anda control. Untuk mendapatkan iklan yang efektif maka anda harus mencoba, mencoba dan mencoba lagi. Nanti anda akan menemukan format dan strategi iklan yang efektif yang sesuai dengan bisnis anda.

 

Kiat Sukses Belajar Facebook Marketing Yang Menghasilkan

Penggunaan facebook kian berubah pesat dari masa ke masa, jika Anda rutin memakai facebook tentu akan menyadarinya. Bahkan panduan-panduan facebook marketing yang sukses di tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan besar kini sudah tak berlaku lagi. Lebih parahnya, bahkan bisa merugikan. Persoalannya pergerakan informasi secara online di tanah air sekarang ini bisa dikatakan lebih lambat dibandingkan di negara luar, sehingga panduan yang masih kadaluarsa pun masih sering dijumpai. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dulu agar strategi beriklan di facebook menjadi lebih maksimal, seperti berikut :

  1. Menemukan Page-Page dari Brand Kompetitor Anda di Facebook

Kebanyakan, para pemula yang baru masuk ke dunia facebook, tentu saja tak tahu apapun mengenai facebook, tentang apa yang mesti dilakukan, cara apa yang paling efektif untuk usaha mereka dan apa saja yang disukai orang lain. Jadi, belum persiapan apapun sudah memasang iklan dan sudah membuat banyak post. Padahal jika Anda tak tahu apapun, bahkan memakai layanan agensi marketing di facebook pun menjadi tak efektif. Untuk itu, cara paling efektif untuk belajar yaitu dengan cara melihat lalu meniru apa saja yang efektif dilakukan dalam usaha Anda dengan melihat page-page saingan Anda.

  1. Buat Page Facebook yang Menarik

Pada facebook marketing, page ibarat toko Anda. Jika toko tersebut jelek, tentu tak akan ada calon konsumen yang datang. Pertama-tama, Anda membuat halaman facebook terlebih dulu. Lalu pilih kategori paling tepat, sebab beda kategori tenru saja fitur yang ditawarkan pun akan berbeda. Jika Adna masih belum merasa yakin, bisa lihat kategori dari page saingan Anda. Kemudian masukkan nama produk/brand Anda. Selanjutnya lengkapi profil mulai dari deskripsi, URL, cover, foto berikut keterangan lainnya. Saat baru membuat sebuah page, maka Anda akan diminta memasang iklan secara langsung. Akan tetapi, ini belum saatnya untuk memasang iklan. Meskipun demikian, Anda dapat memasukkan data-data calon konsumen Anda sekarang.

  1. Kenali dan Tentukan Terget Pasar Anda

Di dunia pemasaran, Anda tentu sudah paham jika menargetkan sekelompok calon konsumen tentu lebih efektif dibandingan yang sifatnya terlalu umum. Selain itu, sulit menciptakan strategi yang ampuh bagi semua kalangan. Hal tersebut akan berguna ketika Anda menciptakan sebuah konten. Selain itu, kesalahan paling fatal dalam hal ini umumnya memakai bahasa yang kurang pantas untuk target pasar mereka sendiri.

  1. Optimasi Website

Apabila Anda berbicara mengenai facebook marketing, seharusnya saat ini Anda sudah memiliki website sendiri. Jika belum, sebaiknya segera buat. Kemudian jika Anda sudah memiliki website, sebaiknya lakukan optimasi website agar gambar iklan lebih tepat, memiliki deskripsi dan judul yang menarik dan resolusi gambar yang dihasilkan pun berkualitas. Hal tersebut dilakukan agar visitor yang berkunjung ke situs Anda semakin banyak. Maka dari itu, terdapat beberapa macam meta tag yang wajib dipasang dalam website Anda. Lebih tepatnya pada bagian <head>.

  1. Memahami Cara Pembuatan Post yang Berkualitas di Facebook

Dalam trik facebook marketing, Anda tak dapat membuat post yang terlalu banyak untuk sehari. Ahal tersebut dikarenakan, post yang melebihi 1 kali dalam sehari akan menerima like lebih sedikit. Selain itu, setiap post yang diupdate di facebook harus berkualitas, tentu sulit membuat postingan yang berkualitas selama 1 hari. Sebagai solusinya setiap post yang Anda buat harus benar-benar dipikirkan secara matang.




Tips Sukses Optimasi Facebook Ads Marketing

Di Era modern ini, begitu banyak media sosial tempat kita bisa berinteraksi. Disini, kita dapat menjalin dan menjaga hubungan  serta komunikasi dengan teman-teman kita. Bahkan teman kita yang sudah lama tidak berjumpa. Kita juga bisa berinteraksi dengan orang-orang yang baru dan berteman dengan mereka.

Dari sekian banyak sosial media, tentu  saja Facebook yang paling populer. Karena kepopulerannya inilah media sosial Facebook bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, memperluas jaringan dan memasarkan produk.

Saat ini kita bisa join social media dengan mudahnya.Jika anda termasuk orang yang berniat memasarkan produk anda di sosial media maka pastilah pilihan anda yang utama adalah facebook. Facebook memberi anda kemudahan untuk mentarget pengunjung secara spesifik. Alhasil, penjualan produk anda akan meningkat karena potensi untuk berhasil semakin besar. Hebatnya lagi facebook juga menyediakan tools yang akan membantu anda memasarkan produk anda dengan efektif.

Jadi, inilah beberapa tips yang akan membantu anda menggunakan Facebook untuk marketing :

– Profil yang bagus

Semakin baik profil anda, semakin meningkatkan kepercayaan orang terhadap anda dan yang anda tawarkan. Masukkan foto anda, beri informasi tentang diri anda, website anda, pengalaman kerja,

hobby anda, pendidikan anda, no handphone, email dll.

– Perbanyak pertemanan

Di Facebook anda dapat melihat teman dari teman anda. Oleh karenanya, bangun pertemanan dengan mereka juga. Orang lebih mudah percaya kepada orang yang memiliki hubungan dengan mereka. Temukanlah teman-teman lama anda, teman semasa sekolah dulu dan teman yang jauh disana bina kembali hubungan persahabatan/pertemanan yang lama hilang.

– Join di grup dan buat grup anda

Anda bisa bergabung di beberapa grup di facebook. Anda bisa bergabung di grup yang memberikan pelatihan/course, membangun bisnis, mentor yang membagi pengalaman mereka dll. Anda juga bisa

membuat grup sendiri, anda akan memiliki teman-teman yang memiliki ketertarikan dan hobi yang sama. Dengan begitu anda membuat kontak dengan banyak orang dan lihatlah bagaimana bisnis anda tumbuh. Buatlah grup yang menarik banyak minat orang, semakin aktif grup maka semakin baik. Mulailah dengan hal-hal yang anda sukai, misalnya grup bercocok tanam, grup sepakbola, grup bisnis olshop, grup pecinta film, dll. Buatlah member grup anda ikut berinteraksi didalamnya.

– Share blog/website

Jika anda memiliki blog, website. Anda bisa share, dengan begitu anda akan mendatangkan pengunjung di blog/website anda. Semakin banyak yang membaca blog dan website anda semakin berkembang bisnis anda. Selalu perbarui blog/website anda, anda akan lihat akan ada orang-orang yang jadi pembaca setia anda yakni mereka yang selalu mengikuti apa yang anda tulis, berikan informasi yang bermanfaat buat mereka selanjutnya anda akan mudah melakukan sales marketing.

 

Keuntungan Memasang Iklan Menggunakan Facebook

Iklan Facebook kini menjadi salah satu metode promosi yang banyak dilirik para pebisnis. Pengguna Facebook yang mencapai 500 juta setiap harinya dari seluruh dunia, membuat beriklan di situs ini menjadi sangat menguntungkan. Jika dilihat dari sistem kerjanya, iklan di Facebook ini tidak jauh berbeda dengan iklan pay per klik yang ditawarkan Google AdSense. Hanya saja, beriklan di Facebook mempunyai peluang lebih besar karena pengguna media sosial yang satu lebih banyak dibanding pengguna Google. Tidak hanya itu, masih banyak lagi keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan beriklan di salah satu media sosial terbesar di dunia ini. Berikut ini beberapa keuntungan memasang iklan di Facebook tersebut:

  1. Target Iklan Lebih Spesifik

Facebook mempunyai pusat data base yang berisi informasi tentang profil lengkap dari setiap penggunanya, mulai dari jenis kelamin, usia, hobi, status perkawinan, hingga pekerjaan. Hal ini tentu akan semakin memudahkan bagi Facebook untuk menempatkan iklan yang masuk pada target konsumen yang sesuai. Ini artinya, bagi Anda pebisnis, akan lebih mudah menggaet konsumen yang benar-benar membutuhkan.

  1. Harganya Lebih Murah

Harga yang diterapkan untuk beriklan di Facebook memang sangat tergantung dari popularitas kata kunci yang dipilih. Semakin populer kata kunci tersebut, sudah pasti harganya pun mahal. Namun, jika Anda kalkulasikan dengan keuntungan yang akan Anda peroleh, sudah pasti akan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan media lainnya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi usaha yang masih tergolong kecil yang notabene belum mempunyai modal besar untuk beriklan.

  1. Mempunyai Tingkat Fleksibilitas yang Tinggi

Beriklan di Facebook sangatlah fleksibel. Dengan batas kata hingga 135 karakter yang disertai gambar, tentu menjadi peluang tersendiri bagi Anda untuk bisa mencari perhatian calon konsumen. Fleksibilitas juga bisa Anda peroleh dari penyesuaian konten iklan dengan anggaran harian yang Anda miliki. Jelas ini akan lebih menguntungkan Anda sebagai pemasang iklan.

  1. Tersedia Fitur Facebook Page

Fitur ini menjanjikan jangkauan konsumen yang lebih luas. Sebab, fitur yang menyediakan satu halaman khusus Facebook ini, membuat Anda lebih leluasa dalam memberikan berbagai informasi terbaru dari produk yang Anda miliki. Tidak hanya itu, beberapa gambar juga bisa Anda sertakan di dalamnya untuk memikat calon konsumen, tanpa takut terbatasi space.

  1. Tersedia Fitur Like dan Fan

Fitur ini juga memberikan jaringan yang lebih luas bagi cakupan konsumen Anda. Bayangkan, jika fitur “Like” ini Anda dapatkan dari satu orang teman Anda di Facebook, kemudian ia menyiarkan ke seluruh pertemanannya, berapa banyak calon konsumen yang akan melihat iklan Anda? Jika ternyata yang memberikan “Like” lebih dari sepuluh orang, berapa banyak jaringan yang bisa Anda bentuk?

  1. Jangkauan Konsumen Selalu Bertambah

Ingat, sampai saat ini, Facebook menjadi satu-satunya jaringan yang tumbuh secara alami dan terus berkembang. Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya pengguna Facebook, baik yang baru mendaftar maupun yang memperluas pertemanannya. Itulah sebabnya, memasang iklan di Facebook jelas akan memberikan peluang kepada Anda untuk mendapatkan jaringan yang maha luas.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memasang iklan di media sosial yang satu ini. Dengan menggunakan media ini, Anda binsa meningkatkan basis pelanggan Anda secara alami tanpa harus bersusah payah mencarinya. Setiap jaringan yang Anda buat akan menawarkan calon konsumen dengan sendirinya melalui iklan Facebook.




Pilihan Pasang Iklan Di Facebook Ads untuk Memasarkan Produk Dagangan Anda Secara Online

Facebook adalah salah satu media sosial paling berguna yang dapat anda gunakan di era informasi digital dewasa ini. Lewat Facebook, anda dapat melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan jual beli produk apapun. Ya, Facebook dapat anda gunakan sebagai sarana pemuas hasrat pembelian barang apapun dan sarana promosi barang yang akan anda jual untuk pastinya mendapatkan untung lebih banyak dan lebih cepat.

Penting mengingat bahwa jika anda memiliki produk untuk dijual, sebaiknya anda memasarkan produk anda lewat media sosial. Lalu, media sosial apa sih yang paling tepat untuk memasarkan produk-produk yang anda jual? Mengapa Facebook menjadi salah satu yang terbaik untuk media promosi barang dagangan? Well, sebaiknya anda melihat dulu, media sosial apa saja yang sampai sekarang masih banyak digunakan orang-orang. Banyak sebenarnya media sosial yang masih sering diunduh dan digunakan orang-orang, mulai dari Twitter, Instagram, dan salah satu yang paling besar dan terkenal Facebook. Iklan Facebook adalah iklan yang ampuh digunakan banyak sekali penjual online sebagai sarana pemasaran produknya.

Berbisnis lewat Facebook sangatlah menarik dan menyenangkan. Anda tidak hanya akan menjual barang saja, tapi juga banyak teman, kenalan, maupun partner bisnis yang akan anda temui. Pengalaman anda pun akan semakin bertambah setelah anda banyak mengenal orang lain lewat Facebook. Pemasaran produk anda lewat Facebook dapat dilakukan dengan berbagai cara dan metode.

3 Cara Menjual Barang di Facebook

Cara-cara tersebut adalah seperti membuat Facebook Page, memposting barang dagangan anda lewat akun profil pribadi anda sendiri, dan menggunakan iklan berbayar yang telah disediakan oleh sistem Facebooknya. Iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook ini bernama Facebook Ads. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan perhatikan mengenai cara-cara untuk memasarkan produk anda yang telah disebutkan di atas.

Membuat Facebook Page

Dalam membuat Facebook Page, anda harus memerhatikan barang yang anda jual. Apa yang anda jual akan sangat berpengaruh untuk iklan Facebook di dalam Facebook Page anda nantinya. Facebook Page untuk penjualan produk-produk fashion akan sangat baik jika anda membuatnya terlihat matching dengan barang yang anda jual. Misalnya anda menjual fashion Muslim khusus wanita seperti hijab, kerudung, baju panjang, dan lain-lain, anda harus membuat Facebook Page anda terlihat menarik dengan memasukkan foto-foto yang menarik tentang produk yang anda jual sebagai iklan Facebook produk anda.

Memposting barang dagangan via profil pribadi anda

Selain membuat Facebook Page, iklan Facebook dapat juga berupa postingan pribadi yang anda unggah melalui akun pribadi anda. Anda dapat memposting foto barang yang akan anda jual dengan menyertakan informasi dan kontak anda untuk memudahkan orang yang tertarik akan barang dagangan anda untuk membelinya. Anda perlu mencari berbagai macam grup yang berhubungan dengan barang yang anda jual dikarenakan di grup-grup Facebook banyak sekali yang juga memperjualbelikan barang dagangannya.

Menggunakan Facebook Ads

Dengan Facebook Ads, barang yang anda jual via Facebook Page yang anda buat akan semakin mudah dipasarkan. Dengan membayar sejumlah uang yang telah disesuaikan berhubungan dengan iklan Facebook, anda dapat mempromosikan barang anda secara lebih luas di Facebook. Produk yang anda iklankan akan sering muncul di beranda orang-orang jika anda mengeluarkan kocek agak lebih untuk mengiklankan barang dagangan anda lewat Facebook Ads.

Nah, makanya, lebih baik dari sekarang pikirkanlah apa yang akan anda jual, dan pastinya iklan Facebook lah solusi terbaik untuk pemasaran secara online.




Leave Your Reply

Your email address will not be published.

*